Minggu, 14 September 2008

CARA BUAT ANTENNA OMNI

My Omni Antenna + si Biru (wrt54GL) :)
Beberapa waktu lalu aq sempet lihat info bareng ma temen2 di internet. Trus Kebetulan dapet referensi + video tutorialna dari VOIP Rakyat. Lalu kita download trus di copy deh di blog kita. Bahan n alat2na yang dipake buat antenna omni, diantarana :

1. Pipa PVC ukuran 1.5" 2 meter
2. Kabel CNT-400 (RG-8) 2 meter
3. RP-TNC + N-Connector masing2 1 buah
4. Kapiler AC diameter 1 cm, 2 meter
5. Busa pipa PVC 2 meter
6. Dop pipa PVC 2 buah
7. Sekrup kecil, mur, lakban, lem perekat
8. Obeng, tang, solder, gergaji, piso cutter, penggaris

Uhmm mungkin bahan yang agak mahal ada di kabel RG-8 dan konektornya, kemarin nyari di Glodok dapet per m itu sekitar 30 rebu dan konektorna ndiri 50 rebu per biji (mahal pa murah ya?). Untuk pipa kapiler + busana bisa nyari di toko yg jual peralatan AC. Bahan yang lain bisa didapet di toko bangunan.

Bagian yang agak susah menurut dya sih untuk menyatukan masing2 segmen (kabel yg dah dikuliti + diselubungi ma kapiler AC) dengan solder. Soalna kemarin ma temen2 juga rada kerepotan gimana nyolder yg bagus n baik hasilna. Tapi setelah beberapa kali ganti timah solder (baru tau kalo kualitasna beda2 :P) akhirna bisa nyatu juga :). Oiya, jumlah segmen yg dibuat sebanyak 25 segmen

Untuk tempat si biru (wrt54GL) memakai box plastik makanan (murah meriah, 15000an. Dikasi fan kecil buat sirkulasi udara biar gk cepet panas, hehehehe. Oiya, sempet nambahin indikator LED buat ngetahuin kondisi si biru. Yaitu LED Power, WAN, ma LAN. Aq sih nyolder kabel UTP sebanyak 1 pasang untuk masing2 LED di bagian kaki2 lampu LED si biru. Jadi garansina lsg angus, soalna dah dibuka casingna, hehehehe

Berhubung si biru dah diinstallin DD-wrt V23 SP2, jadina tinggal milih antenna yang kanan (diliat dari bagian depan si biru) untuk menjadi Tx n Rx. :)

Taraaaa... jadi deh antenna omni n sibiru di"tangkringin" di tiang besi :) hehehhee... mudah2an ajah awet :P

1 komentar: